FILSAFAT ISLAM


Filsafat Islam
Postingan saya kali ini membahas tentang filsafat Ar Razi dari buku Filsafat Islam yg di tulis oleh DR. Limas Dodi, M.Hum
Ar Razi adalah seorang filosof muslim setelah Al Kindi. Nama asli Ar Razi adalah Abu Bakar Muhammad Ibnu Zakaria Ibnu Yahya Al Razi. Beliau lahir di kota Razy, Republik Islam Iran. Ar Razi lahir pada tanggal 1 Sya'ban 251 H/865 M dan wafat pada tahun 925 M
Filsafat Ar Razi yg paling dikenal adalh tentang 5 yang kekal, yakni: Tuhan, Jiwa Universal, Materi Pertama, Ruang Absolut dan Zaman.
Berikut pembahasannya:
-Materi: apa yg ditangkap dengan panca indra tentang benda itu
-Ruang: karena materi membutuhkan tempat, adanya materi kekal mka membutuhkan ruang yang sesuai untuknya.
-Zaman: karena meteri berubah-ubah keadaannya, dn perubahan menandakan zaman.
-Jiwa: diantara benda" itu ada yg hidup dn oleh karena itu perlu ada roh (jiwa)
-Tuhan: Tuhan adalah Maha Pencipta dn Pengatur seluruh alam ini.
Selain 5 kekal di atas ada pemikiran Ar Razi yg lain, yaitu:
Filsafat Metafisika, Filsafat Rasionalis, Filsafat Jiwa (ruh).
Tentang filsafat jiwa (ruh) berawal dari pertanyaan yang muncul dari pikiran Al Razi sendiri, yakni pertanyaan tentang kebadian lain, setelah kematian? Jawabannya yaitu sebuah cerita menarik tentang kisah cinta antara ruh dan materi.

Menurut al-Razi, Tuhan pada mulanya tidak beniat membuat alam ini. Tetapi pada suatu ketika, keabadian yaitu ruh yang akan selalu hidup, tetapi ruh itu bodoh. Karena kebodohannya ruh tertarik dan mencintai materi, tetapi materi memberontak. Akhirnya Tuhan ikut campur untuk membantu ruh dengan menciptakan sebuah jasad yang sempurna. Terciptalah manusia yang menggerakkan aktifitas di dunia ini.

Semoga postingan saya ini bermanfaat

Komentar

Postingan Populer